Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Perkembangan Perangkat Lunak & Perangkat Keras

[right-side]

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi

Teknologi informasi sangat penting dalam kehidupan, TIK merupakan segala sesuatu apapun yang dapat membantu manusia dalam penyampaian dan penyebarluasan informasi dengan menggunakan media komunikasi. Teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja serta memungkinkan semua kegiatan dapat terselesaikan dengan cepat , tepat, akurat dan meningkatkan produktifitas kerja karena teknologi informasi menghasilkan informasi yang berkaulitas dan sangat relevan baik untuk keperluan pribadi, bisnis, kesehatan, hobi, ,dan rohani maupun pemerintahan. Sebagaimana hakekat manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain , kita kini dapat denga mudah saling berinteraksi dengan cepat menggunakan teknologi informasi yang memungkinkan kita berinteraksi dengan orang lain di belahan bumi manapun .Dengan Internet kita dapat berinteraksi tanpa batasan jarak fisik, waktu, kelas ekonomi, ras, Negara atau jarak geografis. Teknologi informasi tidak bisa dipungkiri memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kehidupan manusia. Mulai dari wahana teknologi informasi yang paling sederhana berupa perangkat radio dan televisi, hingga internet dan telepon genggam dengan protocol aplikasi tanpa kabel (WAP), informasi mengalir dengan sangat cepat dan menyeruak ruang kesadaran banyak orang. Perubahan informasi kini tidak lagi ada dalam skala minggu atau hari atau bahkan jam, melainkan sudah berada dalam skala menit dan detik.

A. Sejarah Teknologi Informasi

MASA PRA – SEJARAH (Sebelum 3000 SM)


[slide] [item url="https://statik.tempo.co/data/2012/10/17/id_145658/145658_620.jpg" src="https://statik.tempo.co/data/2012/10/17/id_145658/145658_620.jpg" title="KAPAK BATU"][/item] [item url="https://ezafriendships.files.wordpress.com/2012/08/tumblr_m52luxporb1r8faei2.jpg" src="https://ezafriendships.files.wordpress.com/2012/08/tumblr_m52luxporb1r8faei2.jpg" title="ASAP"][/item] [item url="http://www.seputarit.com/wp-content/uploads/2015/10/Prasejarah.jpg" src="http://www.seputarit.com/wp-content/uploads/2015/10/Prasejarah.jpg" title="Lukisan Gua"][/item] [/slide]

Teknologi informasi dan komunikasi di masa lampau (masa dimana manusia belum mengenal yang namanya teknologi) difungsikan sebagai suatu metode untuk melakukan pengenalan terhadap bentuk-bentuk yang terlihat dan dikenali hal itu terbukti dengan adanya lukisan-lukisan pada dinding-dinding gua yang berkaitan dengan berburu dan binatang buruan. Pada masa itu, bentuk komunikasi masyarakatnya hanya terbatas pada bentuk suara, dengusan dan isyarat anggota badan.
Namun sesuai dengan perkembangannya, mulai diciptakan dan dikreasikan alat-alat yang dapat menimbulkan dan menghasilkan suara serta bunyi-bunyian seperti halnya isyarat gendang, isyarat terompet dan isyarat asap (popular digunakan oleh suku indian di benua Amerika zaman dahulu) dan isyarat-isyarat lainnya.

MASA SEJARAH

  • Tahun 3000 SM
[img src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGr9mt3mWPWJtEqdUyUOQrvdoxcx5Lvw6B6q9VBtet7Drb5OFAcRUckfAejqqqR022w676Z9bRZI7AJDUy21-l0gz8w4P0qO1hIn0pRXm2LxMOmJJJtQpi2t-mnZdVChRWmGb2hqGBO7s/s1600/1.jpg"][/img]
Perkembangan tulisan semakin maju pada masa sejarah, mulai ditemukannya abjad fonetik, kertas sebagai media penulisan yang mudah dibawa, hingga cara pencentekan buku. Pada masa ini, informasi belum disebarkan secara massal. Pada tahun 3000 SM Untuk pertama kalinya, ditemukan tulisan yang digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbo-simbol yang dibentuk dari piktograf. Simbol ini mempunyai bentuk bunyi yang cara penyebutannya berbeda sehingga dapat disimpulkan bahwa bangsa Sumeria telah mengenal bahasa dan tulisan pada masa itu. Selain itu, terdapat tulisan hieroglif yang dikembangkan oleh orang-orang Mesir.
  • Tahun 2900 SM
  • [img src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEheLX9j4TN6MCE4xORXhO0w9ykyVDrEYp8uF9NTSibsby9gtquhWP-RK1ARZPL3AU6gm1iixROWiCw8by6NKr7jR8Ye0uoRc3UBDVStIUOpdOupUzzX0mdhEd422bNmaLze923dKxcE9mEg/s1600/Gambar+Hieroglif+Mesir.jpg"][/img]
Pada tahun 2900 SM, bangsa Mesir Kuno telah menemukan dan memanfaatkan symbol-simbol dan huruf yang memiliki bentuk dan bahasa yang lebih maju dibanding tulisan dan symbol yang ditemukan bangsa sumeria. Dimana setiap ungkapan diwakili oleh suatu symbol yang tentunya berbeda dalam cara pengucapan dan berbeda pula maknanya. Tulisan atau symbol yang ditemukan bangsa mesir kuno ini dikenal dengan sebutan simbol Hieroglif.
  • Tahun 500 SM
  • [img src="http://circ.ahajournals.org/content/circulationaha/123/7/768/F2.large.jpg"][/img]
Pada tahun 500 SM, lagi-lagi bangsa Mesir Kuno telah menemukan metode terbaru dalam melakukan komunikasi yaitu dengan menggunakan serat pohon papyrus sebagai media untuk menyampaikan informasi dan sebagai alat komunikasi yang tentunya lebih baik dibandingkan lempengan-lempengan tanah liat. Dimana tanaman papyrus ini banyak dijumpai di sekitar sungai nil.
  • Tahun 105 SM
  • [img src="https://www.astutepayroll.com/wp-content/uploads/2016/02/paper-timesheets-2-2.jpg"][/img]
Pada masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.

MASA MODERN (1400 M–Sekarang)

  • Tahun 1455

[slide] [item url="https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/33/Gutenberg.jpg" src="https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/33/Gutenberg.jpg" title="Johann Gutenberg"][/item] [item url="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjp9BzMXvmbpZgkAJhNZjmQIK49oL3TxPWN6iUuMopNqBW6QuaZadAxeEunIIjpUTTGIyxU2s2OB1hApOD4JJzY5YnQtQlWl0_olMkjOL5BQtq7p3MAZJDukFJB_maBepYj79_KnMkzg7jM/s1600/mesin+tik.jpg" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjp9BzMXvmbpZgkAJhNZjmQIK49oL3TxPWN6iUuMopNqBW6QuaZadAxeEunIIjpUTTGIyxU2s2OB1hApOD4JJzY5YnQtQlWl0_olMkjOL5BQtq7p3MAZJDukFJB_maBepYj79_KnMkzg7jM/s1600/mesin+tik.jpg" title="Mesin TIK"][/item] [/slide]
Pada tahun 1455 Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi dalam bingkai yang terbuat dari kayu dan dapat diganti-ganti.
  • Tahun 1714
[slide] [item url="https://i.pinimg.com/736x/33/91/e7/3391e7c11e428046997ad10cbcf21ab0.jpg" src="https://i.pinimg.com/736x/33/91/e7/3391e7c11e428046997ad10cbcf21ab0.jpg" title="Henry Mill"][/item] [item url="https://regmedia.co.uk/2014/05/22/gutenberg_printing_press.jpg?x=1200&y=794" src="https://regmedia.co.uk/2014/05/22/gutenberg_printing_press.jpg?x=1200&y=794" title="Mesin Cetak Plat Huruf"][/item] [/slide]
Pada tahun 1714, Henry Mill dari Inggris menciptakan mesin ketik. Ia memperoleh hak paten dan diakui sebagai pencipta mesin ketik modern.
  • Tahun 1830
[slide] [item url="http://www.daviddarling.info/images/Babbage.jpg" src="http://www.daviddarling.info/images/Babbage.jpg" title="Charles Babbage"][/item] [item url="http://cdn.history.com/sites/2/2015/12/Ada_Lovelace_portrait-E.jpeg" src="http://cdn.history.com/sites/2/2015/12/Ada_Lovelace_portrait-E.jpeg" title="Augusta Lady Byron"][/item] [item url="http://4.bp.blogspot.com/--oX4BH3PNIw/UPIR9lkeWbI/AAAAAAAAAr4/hIPjql3AGiA/s1600/Analytical+Engine.jpg" src="http://4.bp.blogspot.com/--oX4BH3PNIw/UPIR9lkeWbI/AAAAAAAAAr4/hIPjql3AGiA/s1600/Analytical+Engine.jpg" title="Mesin Analytical"][/item] [/slide]
Pada tahun 1830, Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama bekerjasama dengan Charles Babbage menggunakan ide mesin Analytical. Peralatan ini didesain utntuk mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.
  • Tahun 1837
[carousel] [item url="https://www.biography.com/.image/c_fill%2Ccs_srgb%2Cg_face%2Ch_300%2Cq_80%2Cw_300/MTMxMzM4MjcxMDYwOTY5NDgy/samuel-morse-wikicommonsjpg.jpg" src="https://www.biography.com/.image/c_fill%2Ccs_srgb%2Cg_face%2Ch_300%2Cq_80%2Cw_300/MTMxMzM4MjcxMDYwOTY5NDgy/samuel-morse-wikicommonsjpg.jpg" title="Samuel Morse"][/item] [item url="https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/e/e7/William_Richard_Joseph_Cook.jpg/220px-William_Richard_Joseph_Cook.jpg" src="https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/e/e7/William_Richard_Joseph_Cook.jpg/220px-William_Richard_Joseph_Cook.jpg" title="William Richard Joseph Cook"][/item] [item url="https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/37/Wheatstone_Charles_drawing_1868.jpg/225px-Wheatstone_Charles_drawing_1868.jpg" src="https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/37/Wheatstone_Charles_drawing_1868.jpg/225px-Wheatstone_Charles_drawing_1868.jpg" title="Charles Wheatstone"][/item] [/carousel]
Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi – Pada tahun ini, Samuel Finley Breese Morse bersama-sama dengan Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone mengembangkan dan melakukan banyak kemajuan pada bidang teknologi informasi dan komunikasi dimana mereka menciptakan suatu alat yang dapat saling mengirim sinyal sesuai dengan pengkodean tertentu yang memanfaatkan peralatan listrik. Alat ini disebut dengan Telegraf – Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK Itulah mengapa Samuel F.B. Morse dikatakan sebagai orang pertama yang mampu menciutkan dunia.
Dikatakan demikian karena dengan ditemukannya alat tersebut, kemampuan untuk saling bertukar informasi menjadi lebih efektif dan efisien tanpa dibatasi oleh waktu dan jarak. Namun begitulah dikarenakan telegraf adalah alat pertama penciut dunia, belum ada penyempurnaan. Hal itu terlihat dengan kemampuan telegraf yang hanya mampu saling bertukar informasi dengan jarak maksimal 32 km dan untuk jarak yang melebihi 32 km diperlukan peralatan relai relai (terdiri atas beberapa saklar yang dikendalikan secara elektromagnetik dimana peralatan ini berfungsi untuk mengulangi sinyal yang diterima agar sinyal kembali jelas).
  • Tahun 1861
Pada tahun ini, kemajuan TIK terlihat dengan ditemukannya film. Film merupakan alat komunikasi dan penyampaian informasi berupa tampilan gambar bergerak yang difokuskan pada sebuah layar besar dan merupakan cikal bakal perfilm-an di era modern ini. Di tahun tersebut, proyektor layar besar ini lebih dikenal dengan sebutan layar tancap.
  • Tahun 1876
[bgallery] [img src="https://www.biografiasyvidas.com/biografia/d/fotos/dewey_melvin.jpg"][/img] [/bgallery]
Pada tahun ini diketahui bahwa tokoh Melvyl Dewey telah berhasil menemukan dan mengembangkan sistem penulisan decimal.
  • Tahun 1877
[carousel] [item url="https://www.biography.com/.image/t_share/MTQ1MTQwMzI5MTIzNjg1ODU3/alexander-graham-bell---father-of-the-telephone.jpg" src="https://www.biography.com/.image/t_share/MTQ1MTQwMzI5MTIzNjg1ODU3/alexander-graham-bell---father-of-the-telephone.jpg" title="Alexander Graham Bell"]Penemu telepon pertama di dunia pada tahun 1877.[/item] [item url="https://i.pinimg.com/originals/6d/3c/db/6d3cdb718cbfb2bfcbd8e7cb44f9631f.jpg" src="https://i.pinimg.com/originals/6d/3c/db/6d3cdb718cbfb2bfcbd8e7cb44f9631f.jpg" title="Sejarah Telepon"]Dari tahun ke tahun hingga sekarang[/item] [/carousel]
Pada tahun ini, perkembangan TIK terlihat dengan ditemukannya perangkat telepon bersifat umum oleh Alexander Graham Bell. Masih di tahun yang sama, tokoh Edward Maybridge juga telah menemukan alat Fotografi yang berkecepatan tinggi. Kemudian, tercatat di tahun 1879 telah ditemukannya sistem pemanggilan dengan memanfaatkan nomor dimana sistem penomoran telepon ini memanfaatkan perpaduan antara angka dan huruf (dua huruf dan lima angka).
  • Tahun 1899
[bgallery] [img src="http://cdn.thinglink.me/api/image/505921002799104000/1240/10/scaletowidth"][/img] [/bgallery]
Pada tahun 1899 ini, Herman Hollerith yang berasal dari Biro Sensus Amerika Serikat berhasil menemukan mesin punched card counting (mesin hitung dengan system punc card atau kartu berlubang) dan telah berhasil menetapkan suatu prinsip yang berkaitan dengan proses perhitungan yang lebih cepat mengenai data kependudukan. Dimana diketahui pada tahun 1880, hanya untuk melakukan perhitungan data sensus telah memakan waktu selama 7 tahun dan perkiraan terus berlanjut dengan meningkatnya populasi di Amerika Serikat maka waktu yang diperlukan untuk melakukan perhitungan data sensus akan membutuhkan waktu 10 tahun. Prinsip itu disebut dengan prinsip kartu perforasi.
Telah terbukti dengan menggunakan mesin tersebut, perhitungan data sensus dapat terselesaikan dengan hanya waktu enam minggu – Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK, Beberapa keunggulan yang didapatkan yaitu perhitungan data menjadi semakin cepat, dapat digunakan sebagai memori data dan tingkat kesalahan yang dapat diminimalisir.
  • Tahun 1923
[bgallery] [img src="https://nadiaamaliarizkyta20.files.wordpress.com/2014/08/marconi-dan-radionya.jpg"][/img] [/bgallery]
Pada tahun ini, Zvorkyn berhasil menciptakan tabung TV dengan memanfaatkan tabung vakum dikarenakan di tahun tersebut belum ditemukan teknologi transistor.
  • Tahun 1931
Pada tahun 1931, Vannevar Bush merancang sebuah mesin hitung untuk menuntaskan permasalahan mengenai persamaan differensial dan telah terbukti bahwa mesin tersebut dapat menuntaskan permasalahan yang sangat kompleks dan yang dianggap rumit oleh sebagian kalangan pelajar tersebut. Ukuran dari mesin tersebut sangatlah besar dan tentunya sangat berat karena terdapat ratusan gerigi dan poros yang dimanfaatkan untuk melakukan perhitungan.
  • Tahun 1939
[bgallery] [img src="http://naz3.ueuo.com/images/page1.12.jpg"][/img] [/bgallery]
Di tahun 1939 ini, Dr. John V. Atanasoff bersama dengan Clifford Berry berhasil merancang komputer elektronik digital pertama. Sejak saat itulah computer mengalami peningkatan dan pembaharuan secara terus menerus dimana hasilnya terlihat pada computer masa kini.
  • Tahun 1940
Tahun ini merupakan tahun dimana ilmu pengetahuan dan teknologi informasi berkembang secara pesat.Berkembangnya ilmu pengetahuan ini tentunya tidak lepas dengan pemanfaatannya dalam Perang Dunia II untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan data-data militer.
  • Tahun 1945
[bgallery] [img src="https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/ea/Vannevar_Bush_portrait.jpg"][/img] [/bgallery]
Pada tahun ini, lagi-lagi Vannevar Bush melakukan serangkaian percobaan dan berhasil menumbuhkembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext, Di masa ini pemanfaatan hypertext berkembang seiring dan sejalan dengan perkembangan desain website.
  • Tahun 1946
[bgallery] [img src="https://fthmb.tqn.com/mjAq11CQTl4b-nWPF0B-WTK--oU=/1340x1024/filters:fill(auto,1)/Eniac-597eb51003f4020010cba216.jpg"][/img] [/bgallery]
Tahun ini adalah tahun paling bersejarah dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi karena pada tahun ini ENIAC I (Electronik Numerical Integrator and Computer) yang merupakan teknologi informasi digital pertama di dunia telah dilahirkan dan selalu melalui serangkaian proses menuju kesempurnaan.
  • Tahun 1948
[bgallery] [img src="https://mappingignorance.org/fx/media/2016/04/Replica-of-first-transistor.jpg"][/img] [/bgallery]
Pada tahun ini para tokoh Bell telephone mulai menciptakan dan mengembangkan transistor.
  • Tahun 1957
[bgallery] [img src="http://prodigy3cupsoftea.pbworks.com/w/page/24619106/f/jean%20hoerni%20paint.JPG"][/img] [/bgallery]
Pada tahun ini, Jean Hoerni telah berhasil mengembangkan transistor planar. Dikenal bahwa teknologi ini mampu menciptakan jutaan dan milyaran transistor yang dapat disinkronkan pada sebuah keping kecil kristal silicon.
Tercatat pula pada tahun tersebut, Rusia telah berhasil meluncurkan Sputnik (Satelit buatan bumi pertama) dan sebagai wujud ketidakinginan menerima kekalahan, Departement pertahanan Amerika Serikat langsung membentuk ARPA melalui proyek ARPANET guna kepentingan bidang militer.
  • Tahun 1972
[bgallery] [img src="https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/kPLvn8fQVZqkkOaHczi7U-QKnbg=/0x0:1020x477/1200x800/filters:focal(429x158:591x320)/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_image/image/49007609/ray-1020.0.jpg"][/img] [/bgallery]
Pada tahun ini, Ray Tomlinson berhasil menciptakan suatu program E-mail (surat eleltronik) pertama yang memungkinkan kita untuk dapat bertukar data dan informasi jarak jauh dalam bentuk teks.
  • Tahun 1973-1990
Pada tahun 1973-1990 Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya:DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.
  • Tahun 1991-Sekarang
Di tahun 1992 untuk pertama kalinya komunitas atau perkumpulan internet dibentuk. Tidak lama setelah itu, kemudian CERN memperkenalkan suatu istilah fasilitas internet yang disebut dengan World Wide Web (WWW).
Setahun kemudian yaitu tahun 1993, NSF mendirikan interNIC dengan tujuan untuk menyediakan layanan jasa internet yang berkaitan dengan masalah direktori dan memori serta database, jasa registrasi dan jasa informasi, Setahun setelah itu yaitu ditahun 1994 perkembangan internet semakin mengalami kemajuan dan berhasil menjadi pemeran penting dalam kehidupan bersama manusia.
Setahun berikutnya yaitu tahun 1995, perusahaan-perusahaan umum mulai diperbolehkan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.

B. Perkembangan Komputer

Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

[bgallery] [img src="http://explorepahistory.com/kora/files/1/2/1-2-918-25-ExplorePAHistory-a0h7f5-a_349.jpg"][/img] [/bgallery]
Komputer generasi pertama adalah Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) yang merupakan komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Program ENIAC dirancang pada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946. ENIAC berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton, dan menempati ruangan 167 m2. Yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman.

Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU.

Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric.
Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner masing – masing yang berbeda yang disebut “Bahasa Mesin”(Machine Language).

Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Karakteristik komputer Generasi I :
a. Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa.
b.  Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
c. Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
d. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
e. Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
f. Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
g. Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas.
h. Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
i.  Prosesnya kurang cepat.
j. Daya simpannya kecil.
k. Membutuhkan daya listrik yang besar.
c. pernagkat computer
d. pemanfaatan sistem /TI

Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)

[bgallery] [img src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6hQINvQAPyzqda1LsS8LjTpWmpLTBl_h3-Oa8TDfZBly0p2yH-t1YfPw93jck6dxDWfYhVcweCbqV4xc4SdjWUNDpzMFcUQ69jiSlfdbOL95Cle1m3ea5cN4Lh2iH_6SgktQW4E61Ojh8/s1600/komputer+generasi+kedua.jpg"][/img] [/bgallery]
Karena generasi 1 berukuran sangat besar maka para ilmuwan mulai mengembangkan teknologi resistor. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi resistor ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan , bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.

Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.

Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.

Karakteristik Komputer Grenerasi II:
a. Memiliki transistor dibanding dengan tabung.
b. Memiliki sistem penyimpanannya sendiri. Yaitu, Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage dan menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
c. Tidak lagi menggunakan bahasa assembly
d. Transistor yang banyak menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer yaitu quartz rock (batu kuarsa).

Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)

[bgallery] [img src="https://zeiroka.files.wordpress.com/2013/10/g4.jpg"][/img] [/bgallery]
Karena Komputer Generasi II menggunakan transistor yang membuat komputer menjadai cepat panas, maka pada generasi ketiga ini para pengembang mulai meninggalkan resistor. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970an.

Jack Billy pada 1958, menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.

Karakteristik komputer generasi ketiga adalah:
a. Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
b. Peningkatan dari sisi software.
c. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
d. Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
e. Penggunaan listrik lebih hemat.
f. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
g. Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara
h. Harganya semakin murah.
i. Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.

Produk Komputer Generasi III adalah IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation).

Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)

[bgallery] [img src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj43cH3BH0H7FOeJ2BSB5-p5BGVQv36Wfx_PHVUYTMMnrL8Rm5420Yff8SIqC8N40izJ0HUp_OszFi7IkM9rLKaZZuKZz0Q0leiaF0aE2uIHHC0SFqgPziUnvHDW3HZalhAP1wXyZd_jx1S/s1600/Computer+Set.jpg"][/img] [/bgallery]
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen.

Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC.

Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage. Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik.

Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama.

Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar.

Karakteristik Komputer Generasi IV:
a. Tampilan monitor masih satu warna (green color).
b. Adanya mikrocomputer.
c. Tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible.
d. Muncul istilah PC (personal Computer).
e. komputer sudah memiliki Large Scale Integration (LSI).

Produk Komputer Generasi IV adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).

Komputer Generasi Kelima Next Generation Computer(Artificial Intelligence)

[bgallery] [img src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrNdddC9eUy8pz06YjnGT6gFHDBDaXlJUfAF9VaIBc2FB7X-vJs-jxzoNTmDt3ytKu7xoGZ6WZr3xKNAlpluXqvdRWhrwCAv5GE-DfvZdt5xLa-_WYxHb_sL7fLUMZhXoxxhVeFflj7m01/s1600/komputer+masa+depan.jpg"][/img] [/bgallery]
Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia. Dan dilanjutkan dengan munculnya Smartphone.

Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini. Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.

Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.

Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya. Di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz.

Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama.

Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit.

Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit.

Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.

Karakteristik Komputer Generasi V:
a. Resolusi gambar yang bagus
b. Komputer 32 bit dan 64 bit.
c. Teknologi AI (Artificial Inteligence)
d. Munculnya Smarphone.
e. Berbasic GUI (Graphical User Interface)

Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik.

Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor.

Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.


C. Perangkat Komputer

1. Monitor

[img src="https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/91u-JxjgBoL._SL1500_.jpg"][/img]
Monitor ini mmpunyai fungsi sbagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.

2. CPU (Central Processing Unit)

[img src="https://fthmb.tqn.com/xPiOpsyjvGF8doibf5rMpd__idc=/768x0/filters:no_upscale()/microprocessor-chip-in-circuit-board-85757306-596fa28e6f53ba0011f9135c.jpg"][/img] CPU berfungsi sebagai pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sebagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer & sebagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.

3. Printer

[img src="https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/71kNJYvFEOL._SL1500_.jpg"][/img] Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.

4. Scanner

[img src="https://i5.walmartimages.com/asr/bb37f4ac-8b0d-4e7d-8e1d-aabe51030357_1.a757f9a8d8399ecf08a70cf9f3ade14d.jpeg"][/img] Scanner ini seperti mesin fotocopy & berfungsi untuk mengkopy data objek & dipindahkan kedalam memory komputer & hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.

5. Mouse

[img src="http://www.corsair.com/~/media/corsair/product-images/mice/scimitar-pro-rgb/black/large/scimitar_pro_blk_01.png"][/img] Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.

6. Keyboard

[img src="https://www.replacementlaptopkeys.com/product_images/uploaded_images/acer-aspire-e15-keyboard-key-replacement.png"][/img] Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file & membuka file.

7. Speaker

[img src="https://rukminim1.flixcart.com/image/1408/1408/j6tn53k0/home-theatre-system/w/g/f/zeb-sw2490rucf-zebronics-original-imae536pwmysck8x.jpeg?q=90"][/img] Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik dari perangkat audio menjadi gelombang suara atau getaran.

8. Modem

[img src="https://www.netgear.com/images/Products/Networking/DSLmodemrouters/D7000/D7000_Hero_Transparent.png"][/img] Modem berfungsi alat komunikasi dua arah & saat ini lebih digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

9. Stabilizer

[img src="https://www.microtekdirect.com/wp-content/uploads/2017/01/EML5090-2.jpg"][/img] Fungsi stabilizer untuk menstabilisikan tegangan listrik apabila voltase listrik turun.

10. Harddisk

[img src="https://i.stack.imgur.com/81rt4.jpg"][/img] Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer & penyimpanan Operation System (OS) serta sebagai alat booting komputer.

11. RAM / Modul Memori

[img src="https://fthmb.tqn.com/g_guabGxKicFXVG7odEITiEdouo=/1280x853/filters:fill(auto,1)/corsair_ram-56a6f9a53df78cf77291394b.jpg"][/img] Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama lebih cepat.

12. Power Supply

[img src="https://www.circuitspecialists.com/content/54315/ps1-40w-sl12-0.png"][/img] Power Supply berfungsi sbagai penghantar arus listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.

13. Kabel Data

[img src="https://www.jakartanotebook.com/images/products/39/89/5667/2/micro-usb-port-usb-data-cable-for-blackberry-sony-ericsson-samsung-lg-nokia-htc-1m-black-17.JPG"][/img] Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau menerima data komputer.

14. Kabel VGA

[img src="http://www.patartambunan.com/wp-content/uploads/2014/09/kabel-vga-komputer.jpg"][/img] Fungsi kabel VGA untuk menampilkan  output / hasil pengolahan data komputer & selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.

15. Fan / Kipas

[img src="https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/25/AMD_heatsink_and_fan.jpg/1200px-AMD_heatsink_and_fan.jpg"][/img] Fungsi fan adalah sbagai pendingin perangkat komputer, seperti processor, harddisk

16. LAN Card

[img src="https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9e/Network_card.jpg/1200px-Network_card.jpg"][/img] Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN

17. Motherboard

[img src="https://www.computerhope.com/cdn/bigmb.jpg"][/img] Fungsi Motherboard / Mobo sbagai wadah / papan sirkuit utama tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur & juga konektor sbagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.

18. Processor

[img src="http://download.intel.com/pressroom/kits/corei7/images/Intel_Core_i7_right_side.jpg"][/img] Fungsi processor untuk merespon & mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.

19. Headsets

[img src="https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/71Ob36mBOnL._SL1500_.jpg"][/img] Fungsi headsets untuk mendengarkan suara & berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.

20. Microphone

[img src="https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/61PFtlHOQJL._SL1200_.jpg"][/img] Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara & mengubahnya menjadi arus listrik.

21. CD-Room

[img src="https://previews.123rf.com/images/lcs813/lcs8131201/lcs813120100016/12007145-CD-ROM-in-drive-isolated-3d-image--Stock-Photo-drive-dvd.jpg"][/img] Fungsi Cd-Room sbagai tempat untuk proses burning, copy CD & install software menggunakan CD/DVD.

22. CD / DVD

[img src="https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/ed/Compact_Disc.jpg"][/img] Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data

23. Flashdisk

[img src="http://www.satugadget.com.my/content/images/thumbs/0004653_sandisk-ultra-dual-drive-30-163264gb-otg-150mbs-flash-disk.png"][/img] Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data

24. Webcam

[img src="https://www.bhphotovideo.com/images/images2000x2000/Microsoft_6CH_00001_LifeCam_Cinema_WebCam_For_744410.jpg"][/img] Fungsi Webcam sbagai alat bantu pada komputer misalnya untuk melihat gambar orang yang diajak chatting.

25. Joystick

[img src="http://www.conrad.com/medias/global/ce/9000_9999/9400/9430/9430/1385025_BB_01_FB.EPS_1000.jpg"][/img] Fungsi joystick sbagai alat bantu untuk memainkan permainan / game.

26. Video Adaptor atau GPU

[img src="https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/G/01/aplusautomation/vendorimages/88bdfd05-baf2-4dbc-bf6c-85e7f0589499.jpg._CB272719907_.jpg"][/img] Fungsi Video Adaptor sbagai penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar monitor & juga dapat memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi & kualitas warna yang terbaik & juga dapat mempercepat kinerja software Operation System.

27. Sound Card

[img src="https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/81SrOg6dUxL._SL1500_.jpg"][/img] Fungsi Sound Card sbagai penghubung output audio ke speaker, penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.

28. UPS

[img src="https://www.microtekdirect.com/wp-content/uploads/2017/01/E2925-2.jpg"][/img] Fungsi UPS untuk menyimpan/menyediakan arus listrik tambahan.

D. Pemanfaatan Sistem/ Teknologi Informasi

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa sistem/teknologi informasi yang saling berkaitan memiliki kunci penting bagi peradaban umat manusia. Sekarang setiap orang makin banyak yang memanfaatkan teknologi disegala bidang untuk meningkatkan efsiensi, efektifitas, dan juga meningkatkan pendapatan. Maka dari itu kita akan membahas pemanfaatan sistem/teknologi informasi.

1).  Bidang Bisnis dan Ekonomi
Dengan memanfaatkan IT untuk bisnis akan memberikan dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan perusahaan di dunia.
  • IT dapat memperluas pangsa pasar.
  • IT dapat meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
  • IT dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.
  • IT dapat memberikan keunggulan kompetitif.
  • IT dapat memberikan peluang bisnis baru.
  • e-Commerce.
  • e-Money.
2). Bidang Pendidikan
Pendidikan sangatlah penting untuk memprsiapkan generasi muda dimasa mendatang, mengedukasi generasi muda adalah kunci keberhasilan, mak dari itu banyak sekolah yang memanfaatkan teknologi untuk menunjang para muridnya. Internet yang akan membantu tugas murid.
  • e-Library.
  • e-Learning.
  • virtual class.

3). Bidang Politik
Teknologi informasi juga dimanfaatkan dalam bidang politik seperti saat mengkampanyekan calon gubernur atau presiden, dan pada saat pemilihan presiden. Pada pemilihan presiden teknologi informasi ddigunakan untuk mendata calon pemilih baik yang berada didalam ataupun diluar negeri, seperti pemilihan online. Adapun juga berbagai lembaga yang melakukan Quick Count dalam perhitungan isi suara pemilihan presiden.

4). Bidang Pemerintahan
Pernah mendengah e-Goverment? itu merupakan produk dari pemanfaatan teknologi informasi oleh pemerintah pusat maupun daerah agar dapat lebih dekat dengan masyarakatnya. Dan juga adanya e-KTP yang dimaksudkan untuk mendata semua warga negaranya secara elektronik agar semua datanya dapat diback-up, tidak akan terjadi double data, dan juga lebih efisien dan hemat kertas dan ruang.

5). Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan, teknologi informasi banyak dimanfaatkan untuk mendata pasien hingga menjadi alat untuk memeriksa pasien, seperti alat USG yang merupakan komputer. Sekarang banyak situs – stus didunia maya yang berguna untuk mengkonsultasikan kesehatan, adapun juga aplikasi-aplikasi kesehatan yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit.

6). Bidang Industri
Dalam industri, teknologi informasi sangat akan membantu operasional sebuah pabrik. Seperti absensi elektronik, mesin-mesin, pekerja, distribusi, hingga penggajian para pekerja.

Perkembangan Perangkat Keras dan Perkembangan Perangkat Lunak

A. Pemahaman Komponen Perangkat Keras

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Lebih jelasnya Perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia.

Berdasarkan kegunaannya, Perangkat keras komputer terbagi atas :

1. Peralatan Input

Peralatan input atau peralatan masukan berfungsi sebagai alat untuk memasukkan (input) data dan program ke dalam komputer untuk diproses menjadi informasi atau keluaran.
Peralatan input dapat dibedakan seperti berikut:

a. Keyboard (papan ketik)
Keyboard adalah peralatan standar yang ada pada setiap komputer. Keyboard adalah sebuah papan yang berisi tombol tekan yang dapat menghasilkan karakter di monitor sesuai dengan tombolnya. Setiap tombol mempunyai sepasang terminal yang bekerja terhubung atau tidak. Susunan sakelar ini berupa baris dan kolom sehingga disebut matriks. Pertemuan baris dan kolom ini akan menghasilkan sebuah tanda atau karakter. Karakter yang timbul adalah hasil transfer kode oleh prosesor dan rangkaian keyboard.
  • Function key ditandai dari F1,F2 sampai dengan F12  yang memiliki fungsi tertentu sesuai dengan perintah yang dijalankan.
  • Cursor key digunakan untuk menggerakkan kursor.
  • Numerical key atau juga dissebut keypad merupakan tomboltombol angka yang susunan dan fungsinya seperti tombol pada kalkulator, biasanya juga disebut tombol kalkulator.
  • Enter untuk mengeksekusi perintah, mengakhiri pengetikan dan pindah ke baris berikutnya.
  • ESC tombol untuk membatalkan perintah.
  • Backspace tombol untuk menghapus karakter / huruf di sebelah kiri kursor.
  • Del/Delete tombol untuk menghapus karakter / huruf pada posisi kursor.
  • Ins/Insert tombol untuk menyisipkan karakter / huruf.
  • Ctrl dan Alt tombol yang bila ditekan bersama tombol lain akan memiliki fungsi tertentu.
  • Shift digunakan dengan tombol lain untuk mengetikkan karakter symbol yang ada di tombol dan untuk menghasilkan huruf capital.
  • Capslock tombol mode untuk huruf capital.
  • Tab tombol untuk memindah kursor ke tanda tab (tabulasi).
  • PageUp dan PageDown tombol untuk menggulung naik dan turun satu layar.
  • Home tombol untuk mengarahkan kursor menuju pada awal baris.
  • End tombol untuk mengarahkan kursor menuju pada akhir baris
b. Mouse
Mouse adalah perangkat alat yang digunakan untuk menggerakkan penunujuk (pointer atau kursor) dengan cepat. Mouse mempunyai sebuah bola yang dapat memutar sumbu roda yang mempengaruhi sensor cahaya. Sensor ini berpasangan dengan pemancar cahaya dan saat roda berputar pada sumbunya, maka cahaya dan sensor akan terhalang dan terhubung secara periodik. Akibatnya rangkaian yang dihubungkan dengan sensor ini akan menerima sinyal dan tidak, sesuai dengan cahaya yang masuk ke sensornya. Sensor mouse ini terdiri dari sensor untuk gerakan panah mouse arah vertikal dan arah horizontal.  Jenis mouse sebagai berikut :
  1. Mechanical (Wheel) mouse, yaitu mouse dapat bergerak ke segala arah berdasarkan pergerakan bola kecil yang ada di dalam mouse.
  2. Optical mouse, yaitu mouse dengan menggunakan sensor optic.
  3. Laser mouse, yaitu mouse dengan teknologi laser.
  4. Wireless mouse adalah mouse yang tidak menggunakan kabel.

c. Scanner
Scanner (pemindai) adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar, foto, atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer dalam sebuah data digital.

Ada beberapa jenis alat scanner, seperti :
  • Scanner gambar.
  • Scanner barcode.
  • Scanner sinar-x.
  • Scanner cek.
  • Scanner logam.
  • Scanner Optical Mark Reader (OMR).
  • Scanner 3 dimensi.
Scanner sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, scanner gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu :

  • Flatbed Pada pemindai gambar Fladbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
  • Automatic Document Feeder  (ADF)Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder  (ADF), kertas diletakkan pada tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder  (ADF) adalah:
  1. kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
  2. dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan dengan imprinter
  3. pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader  serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen.

d. Joystick
Joystick (tuas kendali) adalah alat masukan komputer  yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer . Joystick ini umumnya digunakan untuk memasukkan perintah pada dan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video game yang di lengkapi lebih dari satu tombol   digunakan untuk memasukkan perintah pada saat kita menjalankan game komputer. Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang dapat kita gerakkan ke beberapa arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di bagian atas.

e. Trackball
Trackball (bola jejak) adalah piranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan umumnya terdapat pada mouse modern.  Trackball memiliki fungsi yang hampir sama seperti joystick, yaitu untuk memasukkan perintah pada saat kita memainkan game, trsckbsll ini menyimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan muuse berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar. Di dalam trackball ini terdapat bola berukuran cukup besar sehingga ,udah untuk digerakkan.


f. Barcode Reader
Barcode reader adalah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode  berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk pelanggan . Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang.

g. Mikrofon
Mikrofon berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke dalam komputer.Dengan bantuan perangkat lunak tertentu, input suara tersebut dapat kita edit dan kita simpan di komputer.

h. Touch Sreen
Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan. Kita dapat menjumpai touch screen di tempat‐tempat umum yang menyediakan informasi untuk umum atau di mesin ATM. Touchscreen ini telah banyak kita jumpai di kehidupan sehari-hari kita seperti di HP atau di tablet.

i. Kamera Digital
Kamera digital lebih mudah digunakan karena karena tidak menggunakan kertas film. Pengguna dapat mengambil gambar sebanyak‐banyaknya tanpa perlu takut gagal karena gambar yang buruk dengan mudah dapat dihapus.Di samping itu, file foto digital lebih mudah dipindah salin ke CD atau DVD. Dengan kamera ini dapat mempermudah kita juga untuk mengambil moment-moment berharga yang kita lewati kapanpun, dan saat kita berada dimanapun.

j. Kamera Video
Kamera video atau sering disebut camcorder adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film. Hasil rekaman dapat ditransfer ke komputer dan diolah dengan perangkat lunak khusus. Hasilnya kemudian dapat kita salin ke CD atau DVD.

2. Peralatan Proses

Proses merupakan instruksi atau perintah yang dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatik dan logika yang dilakukan pada data. Pemrosesan data dalam sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh CPU (Central Processing Unit/ Unit Pengolah Pusat). Selama proses data, data tersebut diubah bentuk, urutan, dan strukturnya sedemikian rupa sehingga didapatkan hasil yang diinginkan. Proses kerja komputer merupakan satu rangkaian kerjasama antar beberapa komponen. Kinerja komputer tidak ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen. Hasil dari pemrosesan tersebut disimpan dalam media penyimpanan data. CPU pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Micro¬processor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu (integrated circuit) sehingga tak heran kalau istilah processor seringkali digunakan juga untuk menyebut CPU.

a. Prosesor
Processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah datasecara digital. Processor sendiri sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. Di Indonesia kita mengenal beberapa merk prosesor, diantaranya Intel, AMD (Advanced Micro Device), Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, PowerPC dan Cyrix.

b. RAM ( Random Access Memory )
RAM ( Random Access Memory ) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan sequential memory (memori urut), seperti pita magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari memori tipe ini memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

c. Mainboard
Mainboard atau Motherboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem mainboard . Pada Mainboard juga terdapat socket untuk processor, RAM, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Penggunaan jenis processor akan sangat mempengaruhi pemilihan motherboard.
Fungsi Mainboard adalah mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang terpasang pada komputer, selain itu mainboard juga sebagai pusat semua perangkat keras komputer / hardware, agar semua perangkat keras komputer tersebut bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lain. sebagai contoh: Processor, Memori(RAM), hardisk, optical drive, keyboard, mouse, monitor dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan dengan menggunakan motherboard sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.

d. Kartu VGA
Kartu VGA (Video Graph Array) adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor. Alat ini berfungsi memproses tampilan pada layar monitor. Besar kecilnya resolusi dan ketajaman warna yang ditampilkan monitor, selain ditentukan oleh monitor juga sangat ditentukan oleh kartu VGA.
e. Kartu Suara
Kartu suarva (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara, merekam suara dan mengolah suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard, Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
  • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.

3. Alat Penyimpanan

Alat penyimpanan atau storage device adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data dalam bentuk aslinya (biner). Penyimpanan sendiri dikategorikan menjadi primer dan sekunder, penyimpanan primer itu adalah RAM (memory utama) yang menguap. Penyimpanan kedua adalah penyimpanan permanen yang tidak menguap. Kapasitas dari penyimpanan tersebut diukur dalam kilobyte, megabyte, gigabyte dan terabyte. File dikategorikan sebagai program file atau data file yang diubah menjadi master file atau transaksi file. Data itu tetap dalam penyimpanan kedua untuk sementara sebelum diproses (sejumlah proses) atau bisa menjadi proses yang cepat.

a. Hardisk
Hardisk (Cakram keras) yang biasa disingkat  HDD atau hard drive yang disingkat HD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hardisk diciptakan pertama kali oleh Insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Hardisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Perkembangan hardisk (Cakram keras) begitu pesat, dulu dari ukuran 0,6 meter dan zaman sekarang menjadi hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Lalu dahulu yang hanya berkapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB (terabyte atau 1 trilyun byte) dengan kecepatan 1000 rpm, dengan ukuran standar 3,5 inci. Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik (non-volatile).

b. CD / DVD – ROM
CD/DVD‐ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca CD atau DVD. Pada awalnya alat ini hanya bisa membaca data saja.  Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada CD atau DVD.

c. Flashdisk
USB Flashdisk atau yang lebih sering di sebut flashdisk adalah alat penyimpanan data memori yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flashdisk ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Kapasitas  penyimpanan data  sebuah flashdisk cukup besar mulai dari ratusan megabyte  hingga beberapa gygabyte yaitu dari  64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori yang digunakan.

d. Disket
Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy). Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB, membuat disket tidakbanyak lagi digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.

e. Optical Disk
Optical disk atau yang sering disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya. CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu menyimpan data hingga 4,7 GB bahkan 17 GB. Sehingga saat ini lebih banyak menggunakan DVD walaupun CD tetap digunakan.

4. Alat Kontrol

CPU  (Central Prosesing Unit) merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua fungsi operasional, yaitu :
  • ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data.
  • CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
Cara Kerja CPU
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Akumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

5. Alat Output

1. Monitor
Monitor atau yang biasa disebut juga screen atau display adalah alat output utama dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan perintah, video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card) maupun hasil pengolahan data secara langsung di dalam layar monitor. Dewasa ini kita mengenal dua jenis monitor, yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.
Ketajaman gambar yang ditampilkan pada sebuah layar monitor sangat ditentukan oleh resolusi. Tipe-tipe layar atau monitor komputer sekarang sangat beragam, mulai dari bentuknya yang besar yang memiliki layar cembung sampai dengan monitor yang berbentuk tipis dengan layar datar (flat). Ada beberapa jenis atau tipe monitor, tapi dalam kesempatan ini kami hanya menjelaskan jenis dan fungsi monitor yang paling populer yaitu CRT dan LCD.

2. Printer
Printer adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar di pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan printer laser. Ukuran kecepatan mencetak printer biasanya dinyatakan dalam satuan cps (character per second), lpm (line per minute) atau ppm (page per minute).

3. Proyektor LCD
Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok. Ukuran kekuatan sinar yang dipancarkan proyektor LCD proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan ANSI lumens. Semakin besar ANSI lumens, semakin tinggi pula intensitas LCD cahaya yang dipancarkan suatu proyektorLCD sehingga menampilkan tampilan yang lebih baik.

4. Speaker
Speaker ( pengeras suara ) adalah alat output audio, berfungsi mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam komputer yaitu transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.

B. Pemahaman Komponen Perangkat Lunak

Evolusi Perangkat Lunak

1.Era Pioner  (tahun 1950 – 1960)
Penggunaan komputer saat era pioner dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.

ciri - ciri :
  • Proses Batch.
  • Distribusi Terbatas.
  • Pembuatan Khusus.
2. Era Stabil (tahun 1970 – 1980) 
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.  Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).

ciri - ciri :
  • Multi User.
  • Real Time.
  • Database.
3.  Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

ciri - ciri :
  • Sistem Tersebar.
  • Penanaman Kecerdasan.
  • Perangkat Lunak murah.

3. Era Modern (tahun 1990 – 2000an) 
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

ciri - ciri :
  • Sistem Desktop.
  • Teknologi objek.
  • Sistem Pakar.
  • Pemrosesan Paralel.
  • Jaringan Komputer.

Klasifikasi Perangkat Lunak

Klasifikasi perangkat lunak terbagi menjadi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

1. Perangkat Lunak Sistem
perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Tanpa perangkat lunak sistem perangkat lunak aplikasi tidak dapat dijalankan.

Perangkat lunak sistem dibagi menjadi:

a. Sistem Operasi
Sistem Operasi merupakan bagian penting bagi komputer, dan sistem operasi sendiri merupakan perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras / Hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi. Komputer tidak dapat menjalankan perangkat lunak aplikasi jika kita tidak memiliki sistem operasi di dalamnya.
contohnya : Windows, Mac Os, BeOS, DOS, UNIX, LINUX.

Tugas Sistem Operasi:
  • Mengatur User interface.
  • Mengoordinasikan perangkat keras dengan perangkat lunak yang terdapat pada komputer.
  • Mengatur bagaimana perangkat lunak bisa masuk dalam memori.
  • Mengatur cara penyimpanan dan pengambilan data pada media penyimpananMengelola semua sumber daya sistem pada komputer dan lain-lain.
b. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan instruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan instruksi yang dimengerti oleh komputer melalui bahasa pemrograman, dan komputer akan menerjemahkannya

Bahasa Pemrogaman ini dibagi menjadi 3 yaitu:
  • Low Level Language
Merupakan bahasa tingkat rendah atau bahasa mesin. Contoh low level language adalah sebagai berikut.Machine code, merupakan kode yang disimpan dalam bentuk angka biner (0 dan 1) di mana angka biner tersebut berfungsi menyimpan instruksi yang diperlukan oleh mesin.
  • Middle Level Language
Merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah. Contoh middle level language adalah bahasa C dan C++. Bahasa C dan C++ merupakan compiler untuk membuat aplikasi interfacing komputer maupun microcontroller.

  • High Level Language
Merupakan bahasa tingkat tinggi di mana struktur maupun tata bahasa dalam penulisan program mudah dipahami oleh manusia. Contoh high level language adalah sebagai berikut : Basic, Pascal, FORTRAN, COBOL, dan Prolog.

c. Utility
Perangkat lunak aplikasi adalah jenis perangkat lunak yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia yang digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.

Aplikasi Internet

Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah :

1. HTTP (Hypertext Transfer protocol)
Merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser. browser adalah Internet Explore dan Chrome.

2. E-mail
E-mail memungkinkan kita untuk bertukar dokumen satu sama lain. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express dan Gmail.

3. Messenger
Messenger memungkinkan kita untuk komunikasi melalu teksjuga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam). Contohnya: BBM, LINE.

Aplikasi Office

Aplikasi office adalah aplikasi yang menunjang pekerjaan kantor seperti pendokumenan, presentasi, dan lamin sebagainya. Aplikasi office dibagi menjadi:

1.Perangkat lunak pengolahan kata (Word Processing)
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pengolahan kata, yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat. Contoh: Wordstar, Microsoft Word, Amipro, Word Perfect, OpenOffice.Org Writer.

2. Perangkat lunak pengolahan angka (Spreadsheet)
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka, seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik. Contoh: Lotus 123, Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc, OpenOffice.Org Calc.

3. Perangkat lunak pengolahan data (Database)
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pengolahan data. Data tersebut dapat berupa angka, kata atau gabungan angka dan kata. Contoh: dBase, Fox Base, Microsoft Access, OpenOffice.Org Base, dan lain sebagainya.

4. Perangkat lunak presentasi
Aplikasi ini berfungsi untuk mengolah suatu data agar siap dipresentasikan kedalam suatu proses pembelajaran atau seminar. Contoh: Microsoft Powerpoint, OpenOffice.Org Impress, dan lain sebagainya.

Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses /menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara, dan film. Aplikasi Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan. Contoh perangkat: VLC, Winamp, Groove Music.


Referensi

[info title="Referensi" icon="info-circle"] Wikipedia. https://www.wikipedia.org.
Google Images. https://images.google.com.
www.seputarit.com
Sundusiyah, Aida. 2012. "PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI". Universitas Pendidikan Indonesia.
PutraPanduAdikara,S.Kom. "Teknologi Informasi dan Komunikasi". Computer Science, University of Brawijaya.
Tim Dosen Sistem dan Logika Digital (SLD). "Sejarah Perkembangan Komputer". Fakultas Informatika, Telkom University.
[/info]

[img featured="1" src="https://graphs.net/wp-content/uploads/2012/07/evolution-of-technology-timeline.jpg"/]
[youtube featured="1" src="m2TkrC40VUc"/] 
[img featured="1" src="http://img.timeinc.net/time/photoessays/2010/bh_computers/bh_computers_01.jpg"/]
[youtube featured="1" src="pBiVyEfZVUU"/] 
[img featured="1" src="http://www.techjini.com/wp-content/uploads/2011/10/computer-timeline.gif"/]
[youtube featured="1" src="tzUbxALPcyw"/] 
[img featured="1" src="http://45i8my1okqqv1tpw9q6ruc41.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/shutterstock_263807333-Text-Blur.jpg"/]


Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Perkembangan Perangkat Lunak & Perangkat Keras