Pengantar Teknologi Sistem Cerdas

Sistem Cerdas

Sistem cerdas adalah kecerdasan buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau intelegensi yang dianggap sebagai IA didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah.

Sejarah Sistem Cerdas

Pada awal abad ke-17, Rene Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Lalu Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada tahun 1642. Pada abad ke-19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.

Pada tahun 1972 muncul bahasa Prolog. Tiga tahun kemudian oleh John Holland mengatakan bahwa setiap problem berbentuk adaptasi secara umum dapat diformulasikan dalam terminologi genetika. Sistem catur AI mengalahkan manusia pada tahun 1991. Kemudian muncul robotika peranti mekanika yang diprogram untuk melakukan berbagai tugas.

Contoh Penerapan Sistem Cerdas

[accordion]
[item title="Robot Cerdas Sophia"] Perkembangan teknologi makin hari semakin canggih. Menurut saya, dari sekian banyak pemanfaatan teknologi yang telah berkembang, terciptanya robot merupakan hal yang sangat unik. Terbukti dengan dibuatnya robot yang bernama Sophia yang telah mendapat kewarganegaraan dari Arab Saudi pada 25 Oktober 2017 di Future Investment Summit Riyadh.


Terciptanya robot Sophia ini oleh perusahaan Hanson Robotics yang berbasis di Hongkong. Robot Sophia ini tertanam kecerdasan buatan sebagai bentuk sistem cerdas yang dimilikinya. Terlebih lagi, hal terbaru yang dimiliki oleh wawasan atau pengetahuan pada robot ini ialah ingin memiliki anak dan memulai sebuah keluarga kecerdasan buatan sendiri.
[/item]
[item title="Mesin Sidik Jari (Finger Print)"]Mesin sidik jari ini biasanya digunakan untuk sebagai absensi berbasis online yang bisa kita jumpai di sekolah atau perusahaan. Absensi sidik jari ini merupakan suatu metode baru yang dikembangkan menggunakan mesin dengan bantuan software untuk mengisi data kehadiran suatu komunitas, kelompok maupun instansi yang menggunakannya.

Manusia pada dasarnya mempunyai sesuatu yang unik yang hanya dimiliki oleh dirinya sendiri, hal ini lah yang menjadi alasan dibuatnya teknologi sistem cerdas yang biasa disebut biometrik. Biometrik adalah metode untuk mengidentifikasi atau mengenali seseorang berdasarkan karakteristik fisik atau perilakunya. Salah satunya contoh pilihannya yaitu sidik jari.
[/item]
[item title="Kran Air Otomatis"]Kran air untuk mencuci tangan yang biasa kita jumpai di tempat makan tersebut menggunakan sensor infra merah, yang nantinya akan mendeteksi bila ada tangan yang mendekat ke arah kran dan akan mengirim perintah ke unit elektronik untuk membuka kran airnya. Air akan keluar dengan sendirinya tanpa perlu tangan kita untuk menekan atau memutar bagian atas dari kran tersebut.


Sistem sensor infra merah pada dasarnya menggunakan infra merah sebagai media untuk komunikasi data antara receiver dan transmitter. Sistem akan bekerja jika sinar infra merah yang dipancarkan terhalang oleh suatu benda yang mengakibatkan sinar infra merah tersebut tidak dapat terdeteksi oleh penerima.
[/item]
[/accordion]

AI (Artificial Intelligence)

Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia, Menurut pendapat ahli :

John McCarthy [1956]

[fquote]Untuk mengetahui dan memodelkan proses – proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.
[/fquote]

Sejarah Artificial intelligence (AI)

Tahun 1950 –an Alan Turing, seorang pionir AI dan ahli matematika Inggris melakukan percobaan Turing (Turing Test) yaitu sebuah komputer melalui terminalnya Test) yaitu sebuah komputer melalui terminalnya ditempatkan pada jarak jauh. Di ujung yang satu ada teminal dengan software AI dan diujung lain ada sebuah terminal dengan seorang operator. Operator itu tidak mengetahui kalau di ujung terminal lain dipasang software AI. Mereka berkomunikasi dimana terminal di ujung memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan oleh operator. Dan sang operator itu mengira bahwa ia sedang berkomunikasi dengan operator lainnya yang berada pada terminal lain.


Turing beranggapan bahwa jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas (seperti layaknya manusia).

Contoh AI

[accordion]
[item title="Sistem pakar (expert system)"] komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar.
[/item]
[item title="Robotika & Sistem Sensor"]Sistem sensor pada mesin cuci yaitu menggunakan sensor optik, mengeluarkan cahaya ke air dan mengukur bagaimana cahaya tersebut sampai ke ujung lainnya. Makin kotor, maka sinar yang sampai makin redup. Sistem juga mampu menentukan jenis kotoran tersebut daki/minyak.Sistem juga bisa menentukan putaran yang tepat secara otomatis berdasarkan jenis dan banyaknya kotoran serta jumlah yang akan dicuci.
[/item]
[item title="Computer vision"]Menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer yang dimana ditangkap oleh kamera yang sudah terpasang maka objek - objek yang terekam akan di interprestasikan oleh komputer.


[/item][/accordion]

Agen Cerdas (Intelligence Agents)

Segala sesuatu yang dapat merasakan lingkungannya melalui peralatan sensor - sensor, bertindak sesuai dengan lingkungannya dan dengan mengunakan peralatan penggeraknya /actuator (Russel dan Norvig).

Konsep

Sebuah agen selalu mencoba untuk mengoptimasikan sebuah nilai ukuran kinerja yang disebut agen memiliki rasional (rational agent). Sebuah agen adalah rasional jika dapat memilih kemungkinan untuk bertindak yang terbaik setiap saat, menurut apa yang ia ketahui mengenai lingkungannya pada saat itu.

Rational Agent

Agen rasional diharapkan dapat melakukan atau memberi tindakan yang benar. Tindakan yang benar adalah tindakan yang menyebabkan agen mencapai tingkat yang paling berhasil. Sebuah agen berbasis rasional juga disebut sebuah agen cerdas. Dari perspektif ini, bidang kecerdasan buatan dapat dipandang sebagai studi mengenai prinsip-prinsip dan perancangan dari rasio agen-agen buatan.

Perilaku Agent

Agent rasional : agent yang mengerjakan sesuatu yang benar. Performance measure : bagaimana keberhasilan suatu agent. Diperlukan suatu standard untuk mengukur performansi, dengan mengamati kondisi yang terjadi.

Karakteristik Agent

Sebuah agen memiliki karakteristik yang menggambarkan kemampuan dari agen itu sendiri, Semakin banyak karakteristik yang dimiliki oleh suatu agen, maka akan semakin cerdas agen tersebut.
[accordion]
[item title="Autonomous"]Kemampuan untuk melakukan tugasnya dan mengambil keputusan secara mandiri tanpa adanya intervensi dari luar seperti agen lain, manusia ataupun entitas lain.
[/item]
[item title="Reaktif"]Kemampuan agen untuk cepat beradaptasi terhadap perubahan informasi yang ada pada lingkungannya.
[/item]
[item title="Proaktif"]Kemampuan yang berorientasi pada tujuan dengan cara selalu mengambil inisiatif untuk mencapai tujuan.
[/item]
[item title="Fleksibel"]Agen harus mempunyai banyak cara dalam mencapai tujuannya.
[/item]
[item title="Robust"]Agen harus dapat kembali ke kondisi semula jika mengalami kegagalan dalam hal tindakan ataupun dalam menjalankan plan.
[/item] [item title="Rasional"]Kemampuan untuk bertindak sesuai dengan tugas dan pengetahuannya dengan tidak melakukan hal yang dapat menimbulkan konflik tindakan.
[/item]
[item title="Social"]Dalam melakukan tugasnya, agen memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan berkoordinasi baik dengan manusia maupun dengan agen lain.
[/item]
[item title="Situated"]Agen harus berada dan berjalan di lingkungan tertentu.
[/item] [/accordion]

Tipe Agent

Dalam pembuatan agen cerdas, ada lima tipe agen yang dapat mengimplementasikan pemetaan dari kesan yang diterima ke tindakan yang akan dilakukan. 5 tipe agen tersebut adalah simple reflex agents, model-based reflex agents, goal-based reflex agents, utility-based reflex agents dan Learning agents.

Contoh Agen Cerdas

[accordion]
[item title="Taksi Otomatis"]Sebuah agent taksi otomatis yang menerima penumpang dan mengantarkannya ke tujuan.



Performance measure : sampai tujuan, tidak melanggar aturan lalu lintas, perjalanan nyaman, hemat bensin.
Environment : jalan, lalu lintas, pejalan kaki, pelanggan.
Actuators : arah stir, gas, rem, klakson, sinyal kiri atau kanan.
Sensors : video, speedometer, GPS, keyboard.
[/item]
[item title="Robot Pabrik Penjamin Mutu"]Sebuah robot yang melakukan pemisahan komponen yang bermutu tinggi pada ban berjalan ke dalam kotak berbeda.


Performance measure : prosentase jumlah komponen yang diletakkan pada kotak yang benar. Environment : ban berjalan, komponen yang diuji, kotak.
Actuators : gerak lengan dan tangan robot.
Sensors : kamera, sensor fisik.
[/item]
[/accordion]




Referensi

Masthink. "Teknik dan Cara Kerja Mesin Sidik Jari (Finger Print)". https://masthink.wordpress.com/2012/11/13/teknis-dan-cara-kerja-mesin-sidik-jari-finger-print/
Hanson Robotics. 2017. "Company". http://www.hansonrobotics.com/about/company/
Fauzan, Roni. "Penerapan Sistem Cerdas Dalam Bisnis". http://ronibadur.blogspot.com/2012/07/penerapan-sistem-cerdas-dalam-bisnis.html .
http://hendrik.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/23104/kecerdasanbuatanv2bab1-4.pdf
https://www.doc.ic.ac.uk/project/examples/2005/163/g0516334/index.html
Slide Presentasi. Iman Cholissodin. Agen cerdas. 30 oktober 2018.
Slide Presentasi. Dewi Liliana. IT PNJ. Agen cerdas. 30 oktober 2018.
Slide Presentasi. Chastine Fatichah. IT ITS. 30 oktober 2018.

[youtube featured="1" src="oGt20m3yYC8"/]
[youtube featured="1" src="WVbRj2aR9FE"/]
[youtube featured="1" src="IJKjMIU55pE"/]
[youtube featured="1" src="5J5bDQHQR1g"/]



softskill, tugas kampus, gunadarma softskill, softskill pengantar teknologi sistem cerdas