SISTEM CERDAS

Definisi Sistem Cerdas

Teknologi adalah kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Teknologi dapat memengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka. Sebagai contoh dapat kita lihat dalam teknologi informasi, teknologi pertanian, teknologi komunikasi, dan lainnya.


Sistem cerdas adalah kecerdasan buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau intelegensi yang dianggap sebagai IA didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Pada umumnya, sistem ini dianggap komputer. Kecerdasan yang diciptakan lalu nantinya akan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia sehari-hari. Dapat kita simpulkan bahwa sistem cerdas ini sangat membantu dan memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Contoh bidang dalam sistem cerdas ini yaitu sistem pakar, robotika, dan lainnya.

Sistem cerdas juga biasa disebut sebagai sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Kecerdasan Buatan (AI) adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Telah terbukti bahwa sudah banyak pemanfaatan kecerdasan buatan ini untuk membantu manusia seiring perkembangan jaman.

Sejarah Sistem Cerdas

Pada awal abad ke-17, Rene Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Lalu Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada tahun 1642. Pada abad ke-19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.

Mesin Penghitung Digital (1642)
Pada tahun 1950-an, Alan Turing seorang matematikawan dari Inggris, pertama kali mengusulkan adanya tes untuk melihat bisa tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas (dikenal dengan Turing Test) seolah-olah mesin mampu merespon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan. Lalu adanya pula istilah kecerdasan buatan dimunculkan pertama kali pada tahun 1956 ketika John Mc Cathy dari Massachusets Institute of Technology (MIT) menciptakan bahasa pemrograman LISP. Loghic Theorist(1956), dperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema-teorema matematika. Kemudian ada Mesin Neural Network pertama oleh Marvin Minsky(1958).

Sad Sam, diprogran oleh Robert K. Lindsay (1960), program ini dapat mengetahui kalimat-kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang didengar dalam sebuah percakapan. Lalu munculnya logika samar (1965) yang merupakan pelaksanaan konsep samar di atas system komputer. Ada ELIZA (1967) yang diprogram oleh Joseph Weizenbaum, yang mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan. Setahun kemudian pada 1968 ada program Microworld dengan penciptaan proyek SHRDLU yang merupakan Expert System yang pertama.

Pada tahun 1972 muncul bahasa Prolog. Tiga tahun kemudian oleh John Holland mengatakan bahwa setiap problem berbentuk adaptasi secara umum dapat diformulasikan dalam terminologi genetika. Sistem catur AI mengalahkan manusia pada tahun 1991. Kemudian muncul robotika peranti mekanika yang diprogram untuk melakukan berbagai tugas.

Contoh Penerapan Teknologi Sistem Cerdas



[accordion]
[item title="Robot Cerdas Sophia"] Perkembangan teknologi makin hari semakin canggih. Menurut saya, dari sekian banyak pemanfaatan teknologi yang telah berkembang, terciptanya robot merupakan hal yang sangat unik. Terbukti dengan dibuatnya robot yang bernama Sophia yang telah mendapat kewarganegaraan dari Arab Saudi pada 25 Oktober 2017 di Future Investment Summit Riyadh.


Terciptanya robot Sophia ini oleh perusahaan Hanson Robotics yang berbasis di Hongkong. Robot Sophia ini tertanam kecerdasan buatan sebagai bentuk sistem cerdas yang dimilikinya. Terlebih lagi, hal terbaru yang dimiliki oleh wawasan atau pengetahuan pada robot ini ialah ingin memiliki anak dan memulai sebuah keluarga kecerdasan buatan sendiri.
[/item]
[item title="Mesin Sidik Jari (Finger Print)"]Mesin sidik jari ini biasanya digunakan untuk sebagai absensi berbasis online yang bisa kita jumpai di sekolah atau perusahaan. Absensi sidik jari ini merupakan suatu metode baru yang dikembangkan menggunakan mesin dengan bantuan software untuk mengisi data kehadiran suatu komunitas, kelompok maupun instansi yang menggunakannya.

Manusia pada dasarnya mempunyai sesuatu yang unik yang hanya dimiliki oleh dirinya sendiri, hal ini lah yang menjadi alasan dibuatnya teknologi sistem cerdas yang biasa disebut biometrik. Biometrik adalah metode untuk mengidentifikasi atau mengenali seseorang berdasarkan karakteristik fisik atau perilakunya. Salah satunya contoh pilihannya yaitu sidik jari.
[/item]
[item title="Kran Air Otomatis"]Kran air untuk mencuci tangan yang biasa kita jumpai di tempat makan tersebut menggunakan sensor infra merah, yang nantinya akan mendeteksi bila ada tangan yang mendekat ke arah kran dan akan mengirim perintah ke unit elektronik untuk membuka kran airnya. Air akan keluar dengan sendirinya tanpa perlu tangan kita untuk menekan atau memutar bagian atas dari kran tersebut.


Sistem sensor infra merah pada dasarnya menggunakan infra merah sebagai media untuk komunikasi data antara receiver dan transmitter. Sistem akan bekerja jika sinar infra merah yang dipancarkan terhalang oleh suatu benda yang mengakibatkan sinar infra merah tersebut tidak dapat terdeteksi oleh penerima.
[/item]
[/accordion]




Referensi

Masthink. "Teknik dan Cara Kerja Mesin Sidik Jari (Finger Print)". https://masthink.wordpress.com/2012/11/13/teknis-dan-cara-kerja-mesin-sidik-jari-finger-print/
Hanson Robotics. 2017. "Company". http://www.hansonrobotics.com/about/company/
Fauzan, Roni. "Penerapan Sistem Cerdas Dalam Bisnis". http://ronibadur.blogspot.com/2012/07/penerapan-sistem-cerdas-dalam-bisnis.html



[youtube featured="1" src="oGt20m3yYC8"/]
[youtube featured="1" src="WVbRj2aR9FE"/]

SISTEM CERDAS




sistem, cerdas, ai, kuliah, gunadarma, tugas, softskill